Artikel

Berbagai info produk dan dunia percetakan


Kartu Nama

Admin - November 2018 - 0 Comments

Kartu nama memiliki sejarah yang panjang. Sejak ditemukannya kertas oleh bangsa China pada abad ke 15, masyarakat China kalangan atas membuat kartu yang berfungsi sebagai undangan untuk menghadiri acara khusus, kartu ini dikenal dengan nama ‘Meishi’.

Pada abad ke 17, kartu nama pada masyarakat Eropa menjadi lambang tingkat status sosial masyarakat. Dapat dipastikan, hampir seluruh kalangan bangsawan, memiliki kartu namanya sendiri. Mereka memberikan kartu nama ketika menghadiri pertemuan penting dan formal.

Revolusi industri yang terjadi di Inggris mengubah peran kartu nama, mengarah kepada kepentingan bisnis dan mulai disebar pada acara-acara non formal. Para pedagang memberikan kartu nama kepada para pelanggan untuk memperluas jaringan bisnis mereka.

Selembar kartu kecil yang umumnya berukuran 88 mm x 53 mm ini memuat poin-poin penting tentang diri anda, biasanya terdiri dari nama, pekerjaan & skill, alamat, media sosial, email, dan nomor telepon. Walaupun ukuran nya yang kecil, kartu nama bisa di desain unik dan dibentuk se-kreatif mungkin yang bisa mewakili bidang bisnis ataupun karakteristik kepribadian si pembuat.

Memang saat ini, banyak media social online bermunculan yang sangat memudahkan kita berkenalan dan membangun hubungan dengan orang lain. Namun, berinteraksi secara nyata dan tak lupa memberikan selembar kartu nama di akhir perkenalan tetap tak bisa tergantikan. Karena perkenalan seperti ini mampu memberikan kesan yang hangat dan professional yang tak bisa didapatkan secara online. Hal ini akan membuat diri anda lebih cepat akrab dan melekat kuat dalam ingatan.

Para kalangan profesional dan pebisnis selalu memberikan selembar kartu nama diakhir perkenalan mereka, tujuan nya untuk membangun jaringan dan relasi bisnis yang baru demi perkembangan karir & bisnis yang lebih sukses kedepan nya.

Tidak hanya dibutuhkan oleh kalangan professional dan pebisnis saja, untuk semua kalangan pun penting membuat kartu nama, anda bisa mencantumkan skill yang dikuasai pada kartu nama, jika sewaktu-waktu nanti skill anda dibutuhkan, tentu ini akan membuka peluang sukses bagi anda kedepan nya.

Namun, etika memberikan dan bertukar kartu nama yang sopan dan professional berbeda di setiap negara berdasarkan kebudayaan masing-masing, seperti di negara-negara berikut:

  • Di Jepang, saat memberikan kartu nama wajib disertai dengan badan yang membungkuk sebagai bentuk penghormatan.
  • Di Korea, wajib hukumnya memberikan kartu nama anda terlebih dahulu sebelum menanyakan kartu nama lawan bicara. Melihat dan meneliti kartu nama yang diberikan dalam waktu yang lama didepan pemberi dianggap kasar dan tidak sopan.
  • Di Kolombia, sudut ujung kartu nama wajib dipegang menggunakan jempol dan telunjuk, agar informasi penting di dalam nya tidak tertutupi.
  • Di India dan Indonesia, kartu nama wajib diberikan dengan tangan kanan.

Untuk menjaga kartu nama dari resiko kerusakan, finishing kartu nama bisa dilapisi dengan laminasi doff dan glossy, laminasi juga dapat memberikan kesan tambahan berupa keindahan dan kemewahan pada kartu nama anda.

Untuk menjaga kartu nama dari resiko kehilangan, kartu nama dimasukkan ke dalam kotak kecil seukuran kartu nama. Kotak kecil ini, bisa dimasukkan kedalam tas, dalam mobil, bahkan ke dalam jok motor anda. Saat ini juga sudah banyak tempat kartu nama dengan bentuk yang kreatif, unik, simple, dan elegan yang bisa dimasukkan ke dalam saku kemeja. Jika sewaktu-waktu ada perkenalan, anda bisa langsung mengeluarkan kartu nama tersebut dan memberikannya.

Tips Desain Kartu Nama

Merancang desain kartu nama tidaklah sulit. Desain kartu nama jauh lebih simple. Namun, prinsip yang digunakan dalam sebuah desain tetap sama, yaitu:

1. Tata Letak

Sebuah karya desain yang antar komponen di dalamnya tersusun dengan baik akan terlihat lebih indah dan nyaman dipandang.

2. Tipografi

Tipografi berkaitan dengan jenis huruf yang digunakan dan susunan huruf nya. Gunakan jenis huruf yang enak dipandang, tampilkan ukuran huruf yang tidak terlalu kecil maupun tidak terlalu besar, serta jarak antar huruf dan baris kalimat yang seimbang sehingga informasi yang ada pada kartu nama dapat terlihat dengan jelas, mudah dibaca, dan enak dipandang.

3. Warna

Warna memberikan keindahan dalam sebuah karya desain. Hal yang paling penting dari warna adalah paduan nya. Namun, pada kartu nama tidak perlu banyak warna, satu atau dua warna yang terdapat di dalamnya sudah mencukupi.

4. Sederhana

Tidak perlu banyak ornamen atau aksen didalamnya, desain yang sederhana justru lebih cepat ditangkap maksud nya, mudah diterima, serta gampang diingat.

Jika anda ingin membuat kartu nama, anda tidak perlu repot dan bingung lagi cari tempat buat kartu nama murah di Pekanbaru, karena di Riau Cetak pesan kartu nama bisa dilakukan secara online, cukup dengan pesan lewat email tanpa harus datang ke toko. Mulai dari buat desain kartu nama yang menarik, cetak kartu nama cepat, kualitas cetak terbaik, serta harga cetak kartu nama yang murah di kota Pekanbaru hanya ada di Riau Cetak.